- Back to Home »
- Materi Bahasa Indonesa BAB III-Kelas 5
Rabu, 13 Desember 2017
1.
Perhatikan!
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung yang
hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan
sebelum pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur
menuju Puncak sejak pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah
disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan dan warga setempat.
Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan
jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong
dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tempat tujuan sebelum pukul
13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu
jalur.
Persamaan informasi kedua teks
berita tersebut adalah...
A.
Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar
wisatawan datang ke Puncak.
B.
Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor kepada
pengendara roda dua dan roda empat
C.
Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor tentang
recana penutupan jalur Puncak sore hari
D.
Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar
pengunjung Puncak tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB
2.
Bacalah
dua teks berita berikut
Teks Berita I
Seorang pria paruh baya berusia sekitar 40-50 tahun terserempet Kereta Commuter Line di Stasiun Citayam. Pria yang belum diketahui identitasnya tersebut terserempet kereta dari arah Bogor ke Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban mengalami luka ringan dan patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi, menuturkan kejadian itu terjadi setar pukul 08.20 WIB. Kejadian berawal saat pria tersebut hendak menuju peron arah bogor.
Teks Berita II
Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor - Jakarta menyerempet seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria paruh baya tersebut berusia 40-50 tahun itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat, seorang saksi mata, Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian ada sebuah KRL akan berhenti di Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, aada orang masih menyebrang rel menuju peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak KRL.
Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah...
A. Kondisi pria paruh baya yang terserempet kereta di Stasiun Citayam mengalami luka ringan dan patah kaki.
B. Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogo - Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam.
C. Menurut petugas stasiun, kejadian yang menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar pukul 08.20 WIB.
D. Pria paruh baya yang terserempet KRL itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat.
Seorang pria paruh baya berusia sekitar 40-50 tahun terserempet Kereta Commuter Line di Stasiun Citayam. Pria yang belum diketahui identitasnya tersebut terserempet kereta dari arah Bogor ke Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban mengalami luka ringan dan patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi, menuturkan kejadian itu terjadi setar pukul 08.20 WIB. Kejadian berawal saat pria tersebut hendak menuju peron arah bogor.
Teks Berita II
Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor - Jakarta menyerempet seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria paruh baya tersebut berusia 40-50 tahun itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat, seorang saksi mata, Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian ada sebuah KRL akan berhenti di Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, aada orang masih menyebrang rel menuju peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak KRL.
Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah...
A. Kondisi pria paruh baya yang terserempet kereta di Stasiun Citayam mengalami luka ringan dan patah kaki.
B. Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogo - Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam.
C. Menurut petugas stasiun, kejadian yang menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar pukul 08.20 WIB.
D. Pria paruh baya yang terserempet KRL itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat.
3. Bacalah dua teks berita berikut!
Teks Berita I
Evan Dimas menjadi satu-satunya pemain usia muda yang dipanggil oleh pelatih alfred riedl untuk mengikuti seleksi dalam 23 pemain yang akan melaju ke turnamen AFF Suzuki Cup 2014. Evan Dimas sendiri berpeluang diturunkan pada laga uji coba untuk mengisi lini tengah lapangan juga sangat besar lantaran pemain yang mengisi posisi ini mengalami cedera.
Teks Berita II
Pada menit ke-10, Indonesia akhirnya berhasil unggul lewat gol dari Sergio van Djik. Mantan pemain Persib Bandung itu mampu memanfaatkan kecerobohan dua bek lawan yang gagal mengantisipasi crossing Rizki Rizaldi Pora. Sergio pun melepaskan bola dengan keras sehingga gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Timor Leste.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah...
Teks Berita I
|
Teks Berita II
|
|
A
|
diawali dengan unsur
kapan
|
diawali dengan unsur bagaimana
|
B
|
diawali dengan unsur apa
|
diawali dengan unsur siapa
|
C
|
diawali dengan unsur
siapa
|
diawali dengan unsur kapan
|
D
|
diawali dengan unsur di mana
|
diawali dengan unsur kapan
|
Teks 1
Buku sangat diperlukan siswa.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan buku. Jika buku tersebut
terlalu mahal, kita bisa memfotokopi lalu menjilidnya.
Teks 2
Buku merupakan sarana penunjang
bagi siswa sekolah. Siswa tidak perlu khawatir untuk mendapatkan buku. Melalui
internet siswa dapat mengunduh buku yang diinginkan.
Teks 1 dan teks dua memiliki kesamaan informasi yaitu cara mendapatkan buku dengan mudah.
Teks 1
Ada dua manfaat menabung. Pertama,
dengan menabung kita dapat membeli barang yang kita inginkan menggunakan uang
tabungan. Jadi, kita bisa lebih menghargai barang yang kita beli. Kedua,
menabung juga bisa melatih berhemat. Jika sejak kecil kita belajar berhemat,
kita akan terbiasa mengatur penggunaan uang.
Teks 2
Menabung memang hal yang penting.
Menabung juga saat bermanfaat. Dengan menabung kita dapat memiliki
barang-barang yang kita butuhkan. Dengan menabung kita juga memiliki dana
cadangan saat diperlukan. Sebaliknya dengan menghamburkan uang, hidup kita jadi
tidak terencana. Sikap suka menabung perlu ditanamkan sejak kecil.
Video Pebelajaran PPKN
VIDEO PEMBELAJARAN PPKN KELAS 5 & 6: VIDEO I VIDEO II VIDEO III VIDEO IV